Sejarah Pendirian MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta
Madrasah
Tsanawiyah Ali Maksum Krapyak adalah lembaga pendidikan dasar formal di
lingkungan Pondok Pesantren Krapyak di bawah pengelolaan Yayasan Ali
Maksum Yogyakarta. dengan sistem pengelolaan mengitegrasikan sistem pendidikan pondok pesantren dengan pendidikan formal setingkat SMP/MTs
Fase Awal Pendirian
Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum berdiri dan berkembang di atas jerih payah al Maghfurlah KH. Ali Maksum (1911-1989 M) dan kepemimpinannya dalam mengasuh Pesantren Al Munawir Krapyak sepeninggal Al Maghfurlah KH.M. Moenawir Al Muqri.
Pada tahun 1949 setelah masa pengkaderan pertama para guru-kyai di Pesantren Krapyak, Madrasah Tsanawiyah mulai berdiri dan diselenggarakan secara klasikal (pola berbasis kelas), gedung dan ruangan-ruangan kelas mulai dirintis, beberapa pelajaran umum dimasukkan dalam kurikulum madrasah. Seiring dengan penataan ketatausahaan yang mulai diupayakan, pada tahun 1970-an Madrasah Tsanawiyah -yang kala itu masih bernama Madrasah Tsanawiyah Enam Tahun (Madrasah Aliyah masuk di dalamnya) - mulai memberlakukan seragam bagi siswa.
Madrasah Tsanawiyah pada tahun 1983 penjenjangannya mulai dipisah dengan Madrasah Aliyah sehingga menjadi Madrasah Tsanawiyah (tiga tahun) di lingkungan Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak, walaupun kantor dan ruangan-ruangan kelas masih menyatu. Kurikulum negara (Diknas dan Depag) mulai dimasukkan, di pihak lain pelajaran kepesantrenan dimasukkan dalam kurikulum formal madrasah. Demikian pula sejak tahun 1986, Madrasah Tsanawiyah mulai menerima siswi dengan lokal kelas yang terpisah dengan siswa. Pola yang kini dinamakan integrated fullday school telah diterapkan semenjak periode ini.
Keadaan tersebut berlangsung hingga KH. Ali Maksum meninggal dunia pada 1989 dan Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak didirikan pada tahun 1990. Madrasah Tsanawiyah kemudian berganti nama menjadi Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum dan berada di bawah naungan pengelolaan Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Keberadaan Madrasah Tsanawiyah semenjak periode ini berkembang maju dengan pesat dari segi sarana dan prasarana, jumlah murid dan guru, prestasi siswa di berbagai kejuaraan di tingkat propinsi dan nasional, perhatian pemerintah, tingkat animo dan apresiasi masyarakat yang berminat dengan model pendidikan madrasah pesantren.
Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum dalam perkembangannya memperoleh status DIAKUI pada tahun 1995 berdasarkan Keputusan Kakanwil Depag DIY nomor : W1/6/Kpts/01/1995 tertanggal 11 Januari 1995. Selanjutnya pada tahun 1997 Madrasah Tsanawiyah mendapatkan status DISAMAKAN dengan SK No. 37/KPTS/1997, 17 Mei 1997 dengan NSM : 202 340 214 007.
Perkembangan maju Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum juga ditandai dengan diberlakukannya pola seleksi masuk, penerapan sisten integrasi asrama-madrasah, dan penyatu-atapan administrasi serta kemandirian madrasah khususnya setelah reformasi pendidikan nasional yang berlangsung hingga saat ini.
Visi dan Misi
Visi dan misi yang dicitakan Madrasah Tsanawiyah tergali dari akar visi dan misi Pondok Pesantren Krapyak sebagai kesatupaduan tafaqquh fiddin,
keluasan wawasan, keteladanan perilaku dan kepeloporan masyarakat yang
ditransformasikan ke dalam perkembangan yang terjadi pada ummat dan
masyarakat dengan menyiapkan generasi yang mutafaqqih fiddin dan masyarakat santri yang relijius, berwawasan luas dan global dan senantiasa menjadi rahmatan lil’alamin bagi lingkungannya.
Penyelenggaraan
pendidikan madrasah pesantren di Pondok Pesantren Krapyak dilandasi
oleh nilai-nilai luhur yang terkandung terutama dalam ayat :
فلولا نفر من كل فرقة طائفة ليتفقهوا في الدين ولينذروا قومهم إذا رجعوا … (القرآن الكريم)
Keyakinan
masyarakat pesantren bahwa mereka adalah bagian umat utama mengokohkan
landasan keyakinan Madrasah Tsanawiyah sebagai lembaga dari, oleh, dan
untuk kelompok umat terbaik yakni guru pendidik dan santri siswa, bagi
masyarakat pesantren, bangsa, dan masyarakat global.
Oleh karena itu MTs Ali Maksum mengemban :
Visi :
Madrasah Berbasis Pesantren Utama di Indonesia
Misi:
Menyelenggarakan
pendidikan dasar berbasis pesantren yang di dalamnya berlangsung
pembelajaran Al-Qur’an, ilmu-ilmu akademis dan kepesantrenan,
keterampilan komunikasi bahasa Arab dan Inggris, pembinaan teknologi
informasi, seni dan olahraga, serta pembimbingan kearah pengamalan
ajaran Islam, rasa kebangsaan dan wawasan global, dengan didukung oleh
lingkungan yang (7K) aman, tertib, bersih, .....
Identitas dan Ciri Khas
Madrasah
Tsanawiyah merupakan madrasah swasta berbasis pesantren, dan dengan
jumlah keberadaannya yang sedikit di Indonesia, jati-dirinya semakin
unik karena menerapkan ciri-khas konvergensi dalam kurikulumnya. Dalam
pola ini, madrasah masih mempertahankan muatan lokal kepesantrenan di
samping mengadopsi Kurikulum Nasional Diknas dan Depag. Demikian pula
karakter kuat madrasah pesantren terlihat dari pola keterpaduan dalam
kurikulum dan pengelolaan proses pembelajarannya. Dengan kata lain,
peserta didik di Madrasah Tsanawiyah adalah santri dan siswa dalam
waktu yang sama.
Identitas
dan ciri ini merupakan penampakan dari embanan visi dan misi yang
didasarkan atas nilai-nilai pendidikan pesantren yang teguh sekaligus
luwes dengan perkembangan yang terjadi dalam masyarakat.
Tujuan Kependidikan Mts Ali Maksum
Seluruh proses penyelenggaraan Madrasah Tsanawiyah memiliki tujuan agar warga dan peserta didiknya :
1. Memiliki
kepribadian yang matang, memahami dan mengamalkan ajaran Islam
kepesantrenan dalam kehidupan sehari-hari, memiliki rasa kebangsaan dan
wawasan global.
2. Mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu Tajwid
3. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Inggris
4. Mampu menguasai dasar ilmu-ilmu akademis
5. Mampu menguasai dasar-dasar membaca kitab kuning
6. Terampil terutama dalam teknologi informasi, seni dan olahraga
Mampu menjalankan proses pendidikan dalam lingkungan yang (7K) aman, tertib, bersih
Lokasi Mts Ali Maksum
Jalan Dongkelan 325 Krapyak Sewon Bantul Yogyakarta 55011 Telp/Fax : (0274) 376500
Tidak ada komentar:
Posting Komentar