Rabu, 08 Februari 2012


Remaja

Menurut Piaget dalam Hurlock masa remaja adalah Usia dimana individu berintegrasi dengan masyarakat dewasa, usia dimana anak tidak lagi merasa di bawah tingkat orang-orang yang lebih tua melainkan berada pada tingkatan yang sama, sekurang-kurangnya dalam hak.

Ciri-ciri Masa Remaja
1)                     Masa Remaja sebagai Periode yang Penting : Periode yang penuh dengan kejadian sepanjang menyangkut pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada segi fisik maupun psikologis.
2)                     Masa Remaja sebagai Periode Peralihan : Masa remaja merupakan periode peralihan pada masa anak-anak yang kekanak-kanakan menjadi masa dewasa, namun pada setiap perode peralihan status individu tidaklah jelas dan terdapat keraguan akan peran yang harus dilakukan.

3)                     Masa Remaja sebagai Periode Perubahan : Karena perubahan fisik yang sangat pesat maka akan berdampak pada perubahan emosi, minat dan peran dalam kelompok sosial, minat dan pola perilaku dan yang terakhir remaja memiliki sikap ambivalen
4)                     Masa Remaja sebagai usia Bermasalah : Saat periode anak-anak masalah yang dihadapi sebagian diselesaikan oleh orang tua dan guru, sehingga kebanyakan remaja tidak memiliki pengalaman dalam menyelesaikan masalah.
5)                     Masa Remaja sebagai Masa Mencari Identitas : Identitas diri yang dicari remaja berupa usaha untuk menjelaskan siapa dirinya, apa peranananya dalam masyarakat.
6)                     Masa Remaja sebagai Usia yang Menimbulkan Ketakutan : Terdapatnya stereotip-stereotip tentang perilaku negatif remaja di masyarakat menumbukkan ketakutan-ketakukan tersendiri pada periode remaja.
7)                     Masa Remaja sebagai Masa yang Tidak Realistik : Karena remaja memiliki kecenderungan melihat kehidupan sesuai dengan yang diinginkan bukan melihat kehidupan sebagaimana adanya.
8)                     Masa Remaja sebagai Ambang Masa Dewasa : Semakin mendekatnya usia kematangan yang sah, remaja mulai gelisah untuk meninggalkan stereotip-stereotip yang belasan tahun dan berusaha memberikan kesan bahwa mereka sudah dewasa.

Tugas Perkembangan Remaja
Tugas Perkembangan Remaja
No
Tugas Perkembangan
Internalisasi Tujuan
Kognisi
Afeksi
Psikomotorik
1
Landasan Hidup Religius
Mengenal arti dan tujuan ibadah
Berminat memperlajari arti dan tujuan setiap bentuk ibadah
Melakukan berbagi kegiatan ibadah dengan kemauan sendiri
2
Landasan Perilaku Etis
Mengenal alasan perlunya mentaati aturan/norma berperilaku
Memahami keragaman aturan/patokan dalam berperilaku dalam konteks budaya
Bertindak atas pertimbangan diri terhadap norma yang berlaku
3
Kematangan Emosi
Mengenal cara-cara mengekspresikan perasaan secara wajar
Memahami keragaman ekspresi perasaan diri dan orang lain
Mengekspresikan perasaan atas dasar pertimbangan kontekstual
4
Kematangan Intelektual
Mempelajari cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah
Menyadari adanya resiko dari pengambilan keputusan
Mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan resiko yang mungkin terjadi
5
Kesadaran Tanggung jawab Sosial
Mempelajari cara-cara memperoleh hak dan memenuhi kewajiban dalam lingkungan kehidupan sehari-hari
Menghargai nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari
Berinteraksi dengan orang lain atas dasar nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan hidup.
6
Kesadaran Gender
Mengenal peran-peran sosial sebagai laki-laki atau perempuan
Menghargai peranan diri dan orang lain sebagai laki-laki atau perempuan dalam kehidupan sehari-hari
Berinteraksi dengan lain jenis secara kolaboratif dalam memerankan peran jenis

7
Pengembangan Pribadi
Mengenal kemampuan dan keinginan diri
Menerima keadaan diri secara positif
Menampilkan perilaku yang merefleksikan keragaman diri dalam lingkungannya
8
Perilaku Kewirausahaan (Kemandirian Perilaku Ekonomis)
Mengenal nilai-nilai perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari
Menyadari manfaat perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari
Membiasakan diri hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari
9
Wawasan dan kesiapan Karir
Mengekspresikan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas dalam kaitan dengan kemampuan diri
Menyadari keragaman nilai dan perstyaratan dan aktivitas yang menuntut pemenuhan kemampuan tertentu
Mengidentifikasi ragam alternatif pekerjaan, pendidikan dan aktivitas yang mengandung relevansi dengan kemampuan diri
10
Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya
Mempelajari norma-norma pergaulan dengan teman sebaya yang bergam latar belakangnya
Menyadari keragaman latar belakang teman sebaya yang mendasari pergaulan
Bekerjsama dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya


Daftar Pustaka
Elizabeth B. Hurlock. 1980. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Usia). Jakarta: Erlangga
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling DITJEN PMPTK DEPDIKNAS, Pedoman Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, (Jakarta: DITJEN PMPTK DEPDIKNAS, 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar